Tutorial: Cara Membuat Surat Pengantar Revisi Dosen


Syarat Membuat Surat Pengantar Revisi Dosen



Untuk membuat surat pengantar revisi dosen, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa, yaitu:
1. Sudah memiliki dosen pembimbing.
2. Sudah menyelesaikan tugas akhir atau skripsi.
3. Ingin merevisi tugas akhir atau skripsi.


Langkah-Langkah Membuat Surat Pengantar Revisi Dosen



Berikut ini adalah langkah-langkah membuat surat pengantar revisi dosen:
1. Buka program pengolah kata seperti Microsoft Word.
2. Buat header dengan mengetikkan nama perguruan tinggi, jurusan, dan judul skripsi di sebelah kiri atas.
3. Buat footer dengan mengetikkan nomor halaman di sebelah kanan bawah.
4. Buat judul surat dengan format "Surat Pengantar Revisi Dosen".
5. Buat salam pembuka dengan mengetikkan "Kepada Yth. Bapak/Ibu Dosen Pembimbing".
6. Buat paragraf pembuka yang menjelaskan tujuan dari surat pengantar revisi dosen.
7. Buat paragraf inti yang menjelaskan alasan mengapa mahasiswa ingin merevisi tugas akhir atau skripsi.
8. Buat paragraf penutup yang berisi permohonan kepada dosen pembimbing untuk merevisi tugas akhir atau skripsi.
9. Buat salam penutup dengan mengetikkan "Hormat Saya".
10. Tandatangani surat dan masukkan tanggal pembuatan surat.


Contoh Surat Pengantar Revisi Dosen



Berikut ini adalah contoh surat pengantar revisi dosen:


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pembimbing

Program Studi Teknik Informatika

Universitas XYZ



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : (Nama Lengkap)

NIM : (Nomor Induk Mahasiswa)

Jurusan : (Jurusan)

Program Studi : (Program Studi)

Dengan ini mengajukan permohonan revisi tugas akhir/skripsi dengan judul

(Judul Tugas Akhir/Skripsi)



Saya ingin merevisi tugas akhir/skripsi saya karena adanya saran dari Bapak/Ibu Dosen Pembimbing. Saya berharap dengan merevisi tugas akhir/skripsi ini, saya dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada sehingga tugas akhir/skripsi saya dapat diterima dengan baik.



Untuk itu, saya mohon kesediaan Bapak/Ibu Dosen Pembimbing untuk memberikan arahan dan bimbingan dalam merevisi tugas akhir/skripsi saya.



Demikian surat pengantar revisi dosen ini saya buat. Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.



Hormat Saya,

(Nama Mahasiswa)



Kesimpulan



Surat pengantar revisi dosen sangat penting bagi mahasiswa yang ingin merevisi tugas akhir atau skripsi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, mahasiswa dapat membuat surat pengantar revisi dosen dengan mudah dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi mahasiswa yang membutuhkannya.

close